Tuesday, February 12, 2008

Omega Speedmaster 3510.50

Omega Speedmaster 3510.50 atau yang sering disebut dengan Speedy Reduced ini memang bukan termasuk arloji vintage. Speedy Reduced diproduksi sejak tahun 1988 (menggunakan cal.1140) hingga saat ini (menggunakan cal.3220A sejak tahun 2003). Disebut dengan julukan Speedy Reduced dikarenakan design arloji ini yang serupa dengan Omega Speedmaster Professional atau lebih dikenal dengan Moonwatch. Secara tidak langsung ini adalah versi automatic dari Moonwatch, dengan ukuran casing yang lebih kecil. Mulai tahun 2003 (klo gak salah) Speedy Reduced dengan kaca Hesalite Crystal seperti yang saya miliki ini sudah discontinued. Sebagai penerusnya dibuat Speedy Reduced dengan kaca Sapphire Crystal dengan ref number 3539.50 . Saya mendapatkan arloji ini dalam kondisi sangat MINT. Arloji ini dibeli tahun 2004 dan masih disertai box, mata rantai tambahan, serta sertifikat dan bon pembelian.

Kenapa saya tertarik untuk memiliki arloji ini? Jawabannya adalah karena saya belum berhasil mendapatkan arloji impian saya Speedmaster Professional cal.861. hehehehe... Saya amat menyukai design Omega Speedmaster ini. Bisa dikatakan versi yang ada sekarang dengan kaca crystal sudah semakin di reduced (klo tidak mau dikatakan berbeda jauh) terutama dengan penggantian Hesalite Crystal menjadi Sapphire Crystal. karena Omega Speedmaster cal.321/861 atau yang sering disebut dengan istilah Moonwatch masih menggunakan kaca dengan material Hesalite Crystal ini.


Material Hesalite Crystal adalah material yang sangat tahan terhadap benturan, bahkan anti pecah. Di suatu artikel, saya pernah melihat kaca Hesalite Crystal ini dihantam sekuat2nya dengan martil. Apa yang terjadi? Gak kenapa kenapa tuh..!! Hanya saja memang material ini sangat mudah tergores. Tapi hebatnya lagi,untuk menghilangkannya juga sangat mudah. Cukup dipoles pelan saja, karena material ini susah sekali untuk tergores sampai dalam.


Yang jelas membedakan Speedy Reduced ini dengan Moonwatch adalah ukurannya. Diameter arloji ini sekitar 39.5mm without crown (di website Omega disebutkan 35.5mm dan sudah diakui ada kesalahan oleh pihak Omega). Movement yang digunakan juga berbeda. Moonwatch digerakkan oleh manual wind cal.861 sedangkan Speedy Reduced ini digerakkan oleh automatic ETA 2892-A2 dengan modul chrono dari Dubois Depraz 2020, Omega menyebutnya cal.3220/3220A.
Saya memasangkan NATO strap pada arloji ini agar terlihat lebih sporty dan tidak berkesan terlalu rapi. Sebenernya sih saya terobsesi sekali melihat Omega Moonwatch cal.321 yang dipasangkan dengan velcro strap. hehehehe... Karena memang waktu Omega Moonwatch ini dikenakan oleh para astronout NASA, yang digunakan adalah velcro strap agar dapat dipakai di lengan baju astronout-nya. Kasian juga ya, belum kesampaian punya Moonwatch jadi sementara punya yang reduced-nya juga gapapa.. hehehe..