Wednesday, February 13, 2008

Seiko Sportsmen cal.6602B circa 1969


Dari beberapa arloji Seiko yang saya miliki, hanya Seiko ini yang memiliki movement manual wind dengan cal.6602B. Saya belum mendapatkan banyak informasi tentang seri ini. Dari serial numbernya diketahui bahwa Seiko ini dibuat pada September 1969. Saya suka karena jarumnya yang dauphine dan semuanya masih orisinil, bahkan mikanya.


Saya dapatkan Seiko ini dari seseorang yang bisa dikatakan "pakarnya" Seiko, bahkan di dunia internasional. Rekan itu bercerita bahwa Seiko ber-movement manual wind dengan feature tanggal tidak diproduksi dalam jangka yang lama. Hal ini diakibatkan cost yang tinggi untuk pembuatannya. Dari sedikit referensi yang saya dapatkan, dikatakan bahwa seiko ber-movement 6602 adalah versi manual wind dari seri Sportsmatic. Seri ber-movement manual ini sering juga disebut Sportsmen.


Rata rata Seiko 6602 8050 yang pernah saya lihat tidak ada tulisan Waterproof di dial-nya. Power reserve jam ini masih sangat baik, yaitu sekitar 36jam. Akurasinya juga sama dengan Rolex Precision saya. Dari archive yang berisikan ribuan jenis movement arloji yang pernah dibuat, tidak terdapat jenis movement ini! Di timezone memang disebutkan bahwa movement 6602B digunakan oleh Seiko Sportsmen Calendar. Tetapi tidak diketahui kapan jenis ini di-release. Saya akan coba cari tau lebih jauh tentang Seiko ini, tapi ya pelan2... hehehe... nanti kalau ada informasi tambahan pasti saya bagi2.