Monday, November 15, 2010

Seiko Prospex Marinemaster SBBN017 Tuna Can



Sudah lama saya menginginkan untuk memiliki arloji ini. Waktu itu sekitar tahun 2007, seorang teman kantor saya lihat memakai jam 'aneh' dan menarik perhatian saya. Saya coba pinjam dan perhatikan detail2nya, sangat menarik. Saat itu jam yang dipakai rekan tersebut adalah Seiko SBBN007, yaitu tipe yang lebih tua satu generasi dibandingkan milik saya. Saya sangat suka jam ini, namun tidak terlalu ngoyo untuk memilikinya, sehingga niat untuk membeli sempat tertunda sekitar 3 tahun. Lagipula saya lebih fokus kepada arloji2 antik yang menurut saya lebih menarik. Arloji antik memerlukan kalkulasi yang tepat untuk diakuisisi, momentum itu kadang hanya datang sekali. Kalau jam2 yang masih dijual barunya di toko, bisa kapan saja dibeli. Saya pernah hampir membeli arloji ini ketika sedang plesir ke Hongkong, namun harga yang ditawarkan cukup membuat dahi berkerut. Tapi kapan lagi? Arloji ini tidak bisa dibeli dengan bebas di Indonesia, karena memang khusus dipasarkan di Jepang (JDM). Lagi2 saya mengurungkan niat saat itu. Gak disangka, beberapa minggu yang lalu datang kesempatan untuk memiliki, tentunya dengan harga yang menurut saya sangat reasonable.


Seiko SBBN017 ini adalah salah satu dari 2 model Seiko Tuna 300m yang diproduksi saat ini. Model lainnya adalah SBBN015. SBBN015 menggunakan bezel insert warna hitam, dijual dengan menggunakan rantai, dan finishing shroud dengan tyle brushed. Arloji saya menggunakan bezel insert warna steel, dijual menggunakan rubber strap, finishing shroud menggunakan bead blasted.
Arloji ini digerakkan oleh movement quartz 7C46. Banyak yang mengatakan bahwa movement ini merupakan high end quartz. Menurut saya tidak, lebih tepat jika dikatakan bahwa movement ini adalah work horse. Durabilitasnya amat tinggi. HEQ lebih diutamakan ke akurasi, sedangkan 7C46 ini lebih mengutamakan daya tahan serta kehandalan. Walaupun demikian, 7C46 adalah movement yang didedikasikan khusus untuk Seiko shrouded diver. Sehingga tidak ada jenis/tipe seiko lain yang menggunakan movement ini selain dari tipe tuna. Movement juga terbuat dari metal secara keseluruhan, menggunakan 7 jewels, sehingga dapat dikatakan bahwa ini bukan movement quartz kebanyakan. Daya tahan batre juga cukup lama, yaitu 5 tahun.

Domed hardlex crystal yang digunakan juga sangat menarik perhatian saya, awalnya agak janggal tapi lama2 jadi semakin bagus (pendapat pribadi). Finishing secara overall sangat memenuhi nilai value for money. Saya tidak mau mengatakan sangat bagus dibandingkan arloji A. B, C atau D. Menurut saya bagus dibandingkan harga yang kita bayarkan untuk arloji ini. Karena masih ada seiko Tuna 1000m yang menurut saya sangat bagus dan lebih value for money dibandingkan tuna 300m. Tunggu postingan berikutnya!