Wednesday, February 29, 2012

Vintage King Seiko 4402-8000


King Seiko adalah premium line-up dari Seiko yang dibuat untuk bersaing dengan arloji2 buatan Swiss terutama seperti Rolex dan Omega pada tahun 1960-an s/d 1970-an. Pada saat itu, Seiko memiliki 2 pabrik, Daini dan Suwa. Masing2 pabrik ini ditugaskan untuk membuat tipe arloji premium. Daini memproduksi King Seiko, dan Suwa memproduksi Grand Seiko. Ada beberapa opini yang mengatakan bahwa Grand Seiko memang ditempatkan lebih tinggi kelasnya dibanding King Seiko. Menurut saya pribadi, bisa benar dan bisa juga tidak. Saya lebih meyakini bahwa pada awalnya, KS dan GS memang direncakanan untuk ditempatkan pada tempat yang sejajar. Tapi seiring berjalan waktu, GS akhirnya lebih unggul dan berada 1 level diatas KS. Kenapa saya bisa berkata seperti itu? Nanti akan ada logika penjelasannya, tapi itu hanya opini pribadi.



Sejak saya menyukai arloji antik, hobby ini semakin 'merasuk' sejak saya mengenal Seiko. Koleksi2 awal saya juga dimulai dengan Seiko Automatic Chronograph 6138 dan 6139. Saya menyukai Seiko karena menurut saya brand ini tidak pernah berhenti melakukan inovasi, dan sangat konsisten dengan selalu menggunakan parts yang dibuat secara in-house. King Seiko yang saya miliki adalah generasi awal yang masih menggunakan movement manual winding. Movement yang digunakan adalah cal. 4402 25 jewels yang sudah memiliki feature quick set date serta hacking. Menurut saya pribadi, kualitas King Seiko 4402 masih lebih baik dibandingkan KS generasi setelahnya. Dari mulai finishing dial, hands, case, serta movement. Ini yang membuat saya sedikit yakin bahwa pada awalnya KS dan GS ditujukan untuk 'bersaing' di level yang sama. Entah kenapa, model KS setelah ini tidak terlalu menjadi favorit untuk saya. Setelah beberapa lama 'bersaing', Seiko memutuskan untuk berhenti memproduksi KS dan terus meneruskan untuk produksi line up GS.



KS 4402 ini memiliki diameter 35mm dengan lebar antar lug 18mm. Kaki2 jam ini terbilang gemuk/kekar dan sangat menjadi favorit saya. Sangat proporsional di tangan. Lekukan2 pada lugs juga memiliki design yang menarik dan sangat mempertimbangkan sisi estetika. Dial arloji berwarna putih satin dan sepertinya dilapis dengan lacquer. Jam ini buatan tahun 1968, namun permukaan dialnya tidak menunjukkan tanda penuaan sedikit pun. bagian paling favorit dari arloji ini adalah jarum2nya. Jarum2 ini hampir menyerupai jarum GS SBGM003 saya, dibuat dengan design serta finishing yang sangat baik. Permukaannya polished dan flat, sehingga apabila terkena cahaya akan sangat menarik. Caseback menggunakan gold emblem dengan inscription SEIKO. Crown arloji ini berlogo SW, yang saya sendiri tidak pernah tahu apa artinya. Sangat lama saya mencari KS 4402 dalam kondisi baik, dan akhirnya mendapatkannya sekitar 5 bulan lalu. Sekarang baru sempat posting dan berbagi.